Cara Untuk Bahagia | Apakah Kamu Sudah Merasa Bahagia? Perbanyaklah Bersyukur.

bagaimana menjadi bahagia

Definisi Bahagia

Apa itu bahagia? Bagaimana cara untuk bahagia? Menurut kalian, bagaimanakah definisi kebahagiaan itu? Apakah di antara kalian ada yang semasa hidupnya selalu merasa bahagia, ataukah sebaliknya? Tidak pernah merasa bahagia sama sekali, sedikitpun di dalam hidupnya.

Selama seorang manusia hidup, dari lahir, hingga remaja, dewasa, kemudian menjadi tua, kita dihadapkan dengan berbagai masalah hidup. Kita semua dihadapkan pada sesuatu hal yang harus kita lalui, dan pecahkan. Semua itu harus dilalui agar nantinya kita bisa bertumbuh dan berkembang menjadi seseorang. Lalu, bagaimana cara untuk bahagia?

Permasalahan Hidup

Ketika kita masih bayi, mungkin masalah hidup yang kita alami tidak jauh-jauh dari lapar, haus, dan kebelet. Masalah-masalah itu kemudian berkembang menjadi lebih kompleks ketika kita sudah masuk dalam masa sekolah. Tugas sekolah, lingkungan pertemanan, dan sebagainya. Hari demi hari harus kita lalui supaya kita bisa mencapai sesuatu dan pada akhirnya berkembang.



Di saat seseorang berada dalam suatu masa dalam hidupnya dan melihat sekeliling, pasti akan timbul perasaan dimana seseorang dengan tingkatan di atas kita adalah orang yang lebih bahagia.

Contohnya, ketika seorang anak yang masih duduk di bangku SD, ingin bisa di ijinkan oleh orang tuanya untuk pergi ke mall atau tempat lainnya bersama teman-temannya tanpa pengawasan orang tua karena mungkin melihat kakaknya yang bisa dengan bebas bermain. Padahal, belum tentu ketika nantinya ia berada di tingkatan itu, ia memiliki waktu untuk itu karena sibuk mengupgrade diri.

Lalu, contoh lainnya adalah seorang anak yang baru saja masuk SMP atau SMA. Ketika ia menjadi junior, ia ingin cepat-cepat menjadi senior karena ingin melakukan berbagai hal seperti prom, cepat lulus, dan sebagainya. Akan tetapi, ketika saatnya menjadi senior, timbul lagi keluhan lainnya seperti waktu yang terlalu sibuk dengan berbagai persiapan ujian, sehingga segala kesenangan yang diidam-idamkan selama menjadi junior, mungkin tidak dapat dilakukan.

Kemudian, ketika seseorang kuliah, ia dihadapkan dengan kehidupan ala mahasiswa yang berat. Belajar mandiri, tugas kuliah yang seabrek-abrek, ujian dan kuis yang bertubi-tubi. Kemudian ia berpikir ingin cepat lulus agar segala ‘penderitaan’ itu berakhir. Tapi nyatanya, ketika ia lulus, kemudian bekerja, berbagai masalah kembali timbul. Mulai dari kerjaan yang menumpuk, atasan yang membuat emosi, rekan kerja yang terus saja membuat masalah, lagi-lagi membuat berbagai keluhan keluar dari mulut.

Jadi, sebenarnya kapan kita akan merasakan bahagia?

Jawabannya mudah. Bukannya bersabar, tapi nikmati hidup kalian. Bersyukurlah dengan apapun yang kalian miliki. Kenapa ada orang yang hidupnya bahagia dan ada yang tidak bahagia? Semuanya bukan dihitung dari seberapa kaya dan seberapa miskin, juga bukan dihitung dari seberapa tinggi jabatan yang ia miliki. Tapi, seberapa bisa kita bersyukur dan menikmati hidup.

Jika ada yang kalian inginkan dihidup kalian, segera lakukan. Cari tahu apa saja yang kalian sukai, misalnya hobi, atau apa saja. Lalu lakukan hal itu. Sementara itu, cari tahu juga hal-hal yang membuat pikiran kalian stress. Sebisa mungkin cari cara untuk membuang stress yang kalian miliki. Hal itu tentu berbeda pada setiap orang.

Apa yang harus dilakukan ketika kita memiliki suatu target? Berusahalah sekuat kalian sampai hal itu tercapai, secepat mungkin yang kalian mampu tanpa membebani pikiran dengan terlalu banyak kata ‘jika’. Ketika sudah terlihat hasil dari pencapaian kalian itu, syukuri apapun itu. berhasil atau tidak, coba lihat dari sisi yang berbeda. Maka dari itu, hidup kita tidak lagi diisi dengan berbagai keluhan, tapi rasa syukur dan kebahagiaan.

Mungkin kalian akan menyukai ini

Apakah Kamu Sudah Merasa Bahagia?
Bagikan
Tag pada:    

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *